LightBlog

Blogger templates

Adbox

Cari Blog Ini

Coppyright @ 2012 donajie . Diberdayakan oleh Blogger.

Sekilas Penulis

Foto saya
". . .manusia yang sedang belajar dan belajar"

Pages - Menu

Blogroll

3.4. Jaringan Penipu Online Lewat Email Dibekuk Polisi

1.4.1.       Latar Belakang VIVA – Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri mengungkap kasus penipuan dengan modus melalui pesan...

Pengikut

Sekilas Mengenai Peran Algoritma dalam Pemrograman

Pernahkah sebelumnya anda mendengar kata Algoritma? Sebenarnya dalam kehidupan keseharian kita, secara tidak sadar kita sering melakukan apa yang disebut Algoritma tersebut.  Misalnya pada saat kita sedang membuat semangkuk mie rebus. Kok bisa disebut Algoritma sih? Ya, ketika kita sedang membuat mie kita melakukan apa yg disebut Algoritma tersebut. Dalam membuat mie itu kita melakukan beberapa tahapan-tahapan/ langkah-langkah pembuatan mie.  Dari mie yang sebelumnya masih terbungkus dengan plastiknya, sampai mie  yang matang di sebuah mangkuk dan siap untuk kita santap. Langkah-langkah pembuatan mie inilah  analogi dari sebuah Algoritma.
                Dari analogi diatas dapat kita simpulkan bahwa untuk menghasilkan sesuatu,maka diperlukan proses. Proses tersebut terdiri dari tahapan-tahapan yang logis. Menurut pemikiran saya, secara umum inti dari algoritma adalah tahapan-tahapan logis yang harus dipenuhi untuk mencapai suatu hasil. Dari analogi tersebut, terlihat tahapan-tahapan dilakukan untuk menyelesaikan sebuah masalah, yaitu membuat mie dari yang masih belum matang hingga menjadi matang dan siap untuk disantap. Algoritma juga bisa dikatakan sebagai urutan tahapan-tahapan yang logis untuk menyelesaikan suatu masalah. Setiap orang mempunyai pemikiran daya kreativitas yang berbeda-beda, sehingga akan menghasilkan algoritma yang berbeda pula. Tahapan-tahapan yang mempunyai tingkat efisiensi tinggi dan dapat memecahkan masalah adalah algoritma yang benar.
                Mengenai asal-usul  kata Algoritma mempunyai sejarah cukup aneh. Pada waktu itu orang hanya menemukan kata algorism yang berarti proses menghitung dengan angka arab. Kita dapat dikatakan algorist jika kita menghitung menggunakan angka arab. Para ahli bahasa berusaha menemukan asal kata ini namun hasilnya kurang memuaskan. Akhirnya para ahli sejarah matematika menemukan asal kata tersebut yang berasal dari nama penulis buku Arab yang terkenal yaitu Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi. Al-Khuwarizmi ini dibaca oleh orang barat menjadi Algorism. Al-Khuwarizmi ini menulis buku yang berjudul Kitab Al Jabar Wal-Muqabala yang artinya “Buku pemugaran dan pengurangan” (The book of restoration and reduction). Dari  judul buku itu kita juga memperoleh akar kata “Aljabar” (Algebra). Perubahan kata dari algorism menjadi algorithm muncul karena kata algorism sering dikelirukan dengan arithmetic, sehingga akhiran –sm berubah menjadi –thm. Karena perhitungan dengan angka Arab sudah menjadi hal yang biasa, maka lambat laun kata algorithm berangsur-angsur dipakai sebagai metode perhitungan (komputasi) secara umum, sehingga kehilangan makna kata aslinya. Dalam bahasa Indonesia, kata algorithm diserap menjadi Algoritma.
                Lalu bagaimana kaitan Algoritma tersebut dalam sebuah pemrograman? Dalam sistem kerjanya,  komputer memiliki brainware, hardware, dan software. Tanpa salah satu dari ketiga sistem tersebut, komputer tidak akan berguna dan berjalan dengan baik. Dari ketiga sistem ini kita akan lebih fokus pada software komputer. Software ini terbangun dari susunan program dan syntax (cara penulisan/pembuatan program). Untuk menyusun program atau  syntax, diperlukan tahapan-tahapan yang sistematis dan logis untuk dapat menyelesaikan masalah atau tujuan dalam proses pembuatan suatu software. Disinilah, Algoritma ini sangat berperan penting dalam penyusunan program atau syntax. Sangat diperlukan kreativitas kita dalam pemecahan suatu masalah dengan efisiensi tinggi untuk menghasilkan program yang terbaik dan dapat memecahkan masalah.
Demikianlah sekilas penjelasan saya mengenai peran algoritma di dalam sebuah pemrograman. Semoga berguna bagi para pembaca di blog saya
Share on Google Plus

About donajie

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar